Please Sign the Guest Book :)

Cari Bahan Kuliah

Google
 

Download Bahan Kuliah

Kamis, 10 Januari 2008

The 7 Habits of highly effective teens



Tidak jauh berbeda dengan karangan ayahnya the 7 habits of highly effective people, Buku karangan Sean Covey ini bercerita tentang 7 kebiasaan efektif dari seseorang atau remaja yang dikhusukan disini. Saya pribadi lebih menyarankan untuk membaca buku ini daripada buku karangan ayahnya yang sedikit membosankan. Buku ini disisipi oleh beberapa kisah sukses dari para remaja yang menerapkan 7 kebiasaan ini dan yang paling penting buku ini banyak berisi gambar serta bahasa yang digunakan sangat mudah dicerna bagi siapa saja pembacanya.

7 kebiasaan ini adalah :
  1. Jadilah proaktif ( bertanggung jawablah atas hidupmu sendiri )
  2. Merujuk pada tujuan akhir / mulailah dengan mengingat-ingat tujuan akhirku ( definisikanlah misi dan sasaran hidupku )
  3. Dahulukan yang utama ( susunlah prioritas dan dahulukanlah hal-hal yang penting )
  4. Berpikir menang/menang ( bersikaplah agar semua orang bisa menang )
  5. Berusaha memahami terlebih dahulu baru dipahami ( Jadilah pendengar yang baik )
  6. Wujudkan Sinergi ( bekerjasamalah agar mencapai hasil yang lebih baik )
  7. Asahlah Gergajimu ( perbaruilah dirimu secara berkala )
7 kebiasaan tersebut merupakan langkah sistematis sehingga kebiasaan satu dengan kebiasaan lainnya memiliki korelasi penting. Jadi tidak bisa kita langsung saja menerapkan kebiasaan 6. Terlihat pula dari kebiasaan-kebiasaan tersebut bahwa segala sesuatunya berawal dari diri kita dahulu ( jadilah proaktif ) kemudian kita baru bisa merubah hal lain diluar diri kita.

Buku dapat dikatakan sudah lama namun saya rekomendasikan buat yang belum membacanya segera dapatkan buku ini, ga harus beli kan minjem juga bisa di Perpus :) dengan membaca buku ini setidaknya kita akan tahu tujuan hidupkita secara rinci, termasuk dapat men-Set Up goal/resolusi kita ditahun 2008 ini.

Okay.. Selamat membaca

Tidak ada komentar: