Please Sign the Guest Book :)

Cari Bahan Kuliah

Google
 

Download Bahan Kuliah

Rabu, 16 Januari 2008

Perang Harga

Bagaimana cara melakukan perang harga

ada dua kemungkinan yaitu :
1. Respon non harga
2. Respon Harga

Respon non harga

Tunjukan strategic intention dan capabilities anda


Tawarkan harga sama dengan pesaing anda, tawarkan everyday low price, atau tunjukan bahwa anda memliki keunggulan biaya dimata pesaing (cost advantage)

Bersaing di kualitas


Tingkatkan diferensiasi produk dengan menambahkan keunggulan pada sebuah produk, atau bangun awareness terhadap keunggulan yang ada dan manfaatnya. Tekankan adanya resiko pada harga yang murah.

Manfaatkan kemungkinan kerjasama

Bentuk strategic partnersip dengan menawarkan kerjasama ekslusif dengan supplier, reseller, atau penyedia jasa yang berhubungan dengna bisnis anda.




Respon Harga

Gunakan harga yang komplek

Tawarkan harga paket (bundled prices), paket harga dua produk (two-part pricing), kuantiti diskon, harga promosi, atau program loyalitas untuk beberapa produk, beli dua dapat satu.

Kenalkan produk baru

Perkenalkan produk baru (flanking brands) yang khusus untuk bersaing di arena dimana pesaing menerapkan strategi harga. Hal ini juga sebagai usaha untuk menghindari persaingan harga pada segmen produk anda yang telah ada.

Gunakan harga yang menarik

Sesuaikan harga produk regular anda dalam merespon perubahan harga pesaing atau potensi lain untuk memasuki pasar.


artikel ini hanya merupakan inti dari isi sebenarnya...
untuk lebih mengetahui bagaimana tanggapan para Marketer mengenai artikel ini silahkan
klik di SINI

1 komentar:

Andi mengatakan...

Menurut gw, yang paling penting untuk menghadapi suatu operang harga diantara para komentator kita adalah dengan MemBrandingkan lebih jauh konsep Brand kita..

Dengan Brand kita bisa terhindar sama yang namanya perang harga which is nantinya bakal emmbawa kita ke arah komoditasisasi yang mana jug itu bakal menghilangkan Differensiasi kita terhadap kompetitor..

Jadi ga masalah produk kita mahal sendidri asalkan brand Kita Nancep di target Market kita :)