Please Sign the Guest Book :)

Cari Bahan Kuliah

Google
 

Download Bahan Kuliah

Jumat, 07 Maret 2008

It's Time for ICT !!

Mengambil momentum yang tepat untuk mengkaji lebih dalam tentang Information and Technology (ICT), dikarenakan matakuliah disemester 6 memiliki banyak korelasi terhadap hal tersebut maka pembahasan Blog akan saya pusatkan pada ICT. Penggunaan internet yang jumlahnya pertumbuhan secara signifikan bertambah dari tahun ke tahun merubah cara berkomunikasi kita menjadi lebih complex namun jauh lebih menarik, Social Networking merupakan contoh dari dampak perkembangan ICT tersebut, situs-situs yang mengadopsi konsep tersebut seperti Friendster, Facebook, Myspace, Orkut, dll merupakan generasi Web 2.0 atau yang disebut-sebut sebagai Web Interactive, Web dimana memungkinkan komunikasi dua arah, adanya comment/Testimony yang merupakan feedback bagi visitor. Belum lagi Blog yang kini konsepnya semakin banyak diterapkan oleh beberapa perusahaan dengan konsep Corporate Blogging, bertujuan guna menjembatani antara sebuah organisasi dengan publiknya atau lebih khususnya antara perusahaan dengan pelangganya.

Tidak hanya melihat dari pendekatan sistem informasi tapi ditinjau lebih teknis dari sudut pandang teknologi bermunculan alat-alat / perangkat teknologi baru yang memungkinkan kita terhubung dengan internet (baca:online) dimana saja kapan saja dengan kecepatan akses internet yang cepat (broadband) Sehingga Trendnya terfokus terhadap hal mobilitas akses internet yang membutuhkan rangkain akses internet Nirkabel / Wireless.

Proses penerapan dan sosialisasi agar ICT mampu digunakan oleh masyarakat luas haruslah didorong oleh 3 pihak utama yaitu Pihak Universitas sebagai sumber knowledge, Pelaku Industri sebagai pelaku praktis dan Pemerintah sebagai regulator yang menghasilkan kebijakan sebagai acuan penerapan ICT di Indonesia. 3 pihak ini harus mampu berkerjasama dan memberikan kontribusi yang terbaik guna tercapainya penerapan ICT oleh masyarakat luas. Pelatihan-pelatihan yang diselengarakan oleh pihak kampus dan pelaku industri yang bersangkutan dapat menjadi sebuah langkah penting apalagi didukung oleh pemerintah guna mendapatkan audience secara luas.

Diharapkan kita tidak hanya mampu/handal mengunakan teknologi tersebut namun mampu memberikan kita sebuah kegunaan/ nilai lebih bagi kehidupan masyarakat indonesia.

Tidak ada komentar: